at 7:07 AM

Copy Paste di Emacs (CUA mode)


Dalam kebanyakan editor saat ini, untuk melakukan copy paste digunakan shorcut Control-c untuk copy, C-v untuk paste dan C-x untuk cut. Sedangkan Emacs yang menggunakan shorcut yang berbeda dan tentu saja membuat pusing bagi pemula, termasuk saya sendiri. Untuk melakukan copy Emacs bisa dengan M-w dan C-y untuk melakukan paste, sedangkan jika ingin mencut sebuah teks yang terseleksi bisa dengan C-w, yang sebenarnya bisa dilakukan mudah dengan mouse, bahkan mendukung copy ke register, jadi jika suatu teks kita copy kemudian melakukan copy terhadap teks lain, maka teks yang dicopy pertama masih tersimpan di memori yang nantinya bisa digunakan lagi.
CUA mode ( Common User Acces ) yaitu standar interface untuk sebuah sistem dan suatu program (ref), dengan mengaktifkan mode ini maka shortcut Emacs bisa digunakan selayaknya kebanyakan teks editor, meski tak secara total.
Untuk mengaktifkan cua-mode bisa dengan perintah M-x cua-mode, ketika emacs telah berjalan. Jika ingin mengaktifkan secara langsung bisa dengan mengedit file ~/.emacs dan menambahkan baris berikut :
(cua-mode t)
(setq cua-keep-region-after-copy t)
Perintah kedua (setq cua-keep-region-after-copy t) berfungsi agar teks yang kita copy tetap terseleksi, seperti halnya banyak teks editor.
Selain itu cua-mode masih mendukung penyimpanan ke register, yaitu dengan menggunakan shorcut C-1 C-c untuk menyimpan ke register 1, kemudian C-1 C-v untuk paste teks yang ada di register 2.

Tulis Komentar dengan akun Facebook Anda.

0 comments:

Post a Comment