at 7:41 PM

GNU Emacs


GNU Emacs merupakan editor yang sangat powerfull, aplikasi ini bahkan jauh lebih tua dari Linux. Bahkan bukan hanya sekadar text editor, aplikasi ini bisa dicustomize sesuai keinginan penggunanya. Kalo kata pencipta software ini "the extensible, customizable, self-documenting, real-time display editor". Ya tidak berlebihan, W secara pribadipun sangat menyukai editor ini dibanding editor lain seperti vim, meski untuk hal-hal lain vim lebih powerfull ( misalkan untuk melihat kode (bukan edit) ).

Editor ini awalnya merupakan editor macro untuk Editor TECO pada system operasi ITS yang lebih tua dari Unix, ditulis oleh Richard Stallman bersama dengan Guy Lewis Steele Jr, dan terinspirasi dari TECMAC dan TMACS yang juga merupakan Macro dari Editor TECO diatas. Sejarah Emacs pun cukup panjang hingga menjadi seperti saat sekarang ini. James Gosling (yang kemudian menemukan berita dan bahasa Java) menulis editor Emacs pertama yang berjalan di mesin Unix pada tahun 1991 yang ditulis dengan bahasa C , menggunakan sintaks Mocklisp sebagai bahasa pembuat ekstensionnya, yang kemudian di tahun 1984 menjadi proprietary software.

Pada tahun itu juga (1984), Stallman mulai membuat Gnu Emacs untuk alternatif Gosling Emacs, meski awalnya juga menggunakan Mocklisp sebagai bahasa Ekstensinya, tapi kemudian diganti dengan bahasa Lisp sesungguhnya. Program inipun menjadi program pertama yang dirilis untuk proyek GNU pada tanggal 20 Maret 1985 versi 13, sedangkan versi 2 sampai 12 tidak pernah ada, saya pun juga belum menemukan kenapa versi dari Emacs ini langsung ke 13.

Emacs bersama vi merupakan editor yang telah jadi standar di lingkungan Unix khususnya bagi para programmer. Perdebatan tentang editor terbaik antara 2 editor ini biasanya sering terjadi diforum, dimana kelompok masing masing menganggap editor merekalah yang terbaik, meski mereka melakukan ini hanya untuk humor, dan untuk menyampaikan komentar mereka tentang sebuah program.

Shorcuts Emacs sendiri menggunakan perpaduan beberapa tombol keyboard seperti Control atau Shift.
Penamaan tombol pada Emacs :
  • Escape -> Tombol Esc.
  • Meta -> tombol Alt.
  • Shift -> tombol Shift.
  • Ctrl -> tombol Control.

Tulis Komentar dengan akun Facebook Anda.

0 comments:

Post a Comment