at 6:00 PM

Newbie using gnuchess

Hari ini tepatnya dini hari tadi, pas ketika lagi bete ngoding akhirnya browsing-browsing ga jelas vi Chromium tapi ternyata internet sangat lambat, karena koneksi IX dari kantor lagi kacau, buat ngebuka satu google.com aja lama banget, tapi yang aneh buka situs Indonesia juga lambat banget, yah.. tingkat keboringan jadi meningkat gara-gara ini

Akhirnya buat ngilangin bosen dari browsing ane main catur, pas nyari di Games ternyata belum ada tuh caturnya,, dengan berat hati (karena koneksi lagi kacau) akhir nginstall via apt-get meski agak lama akhirnya gnuchess sukses dengan gemilang terinstall.

Seperti biasa ketika jalanin aplikasi ane pencet ALT+F2 trus ketik gnuchess  dan dengan penuh semangat kelingking ane menekan Enter and... ga ada muncul apa-apa?? Trus coba lagi dengan metode yang sama, ternyata ga muncul apa-apa juga... Ok its time to googling.. ternyata gnuchess itu cuma engine nya doang, kalaupun ada tampilan ini juga sangat-sangat sederhana sekali.. like this screenshot
Gnuchess on Terminal.
Benar-benar geeks.. :)
Sempat tertarik pengen nyoba main catur kaya gini, tapi malah jadi tambah boring, dengan terpaksa nyari lagi GUInya, ketemu Xboard dan kembali dengan berat hati melakukan apt-get lagi, ternyata ini cukup lama sekitar 2-3 menit, karena ada font yang didonlot oleh xboard, dependensi buat GUI nya, eh pas mau dijalanin xboardnya minta relogin biar bisa ngebaca font yang baru, wah males banget.. (eh kan harusnya udah langsung detect tu font, lagian kan juga bisa pake command line juga, tapi lupa??)

beberapa menit kemudian..

Ok, installation complete, tapi ada beberapa hal yang mulai aneh dari kompie ane, load CPU mulai naik, begitu juga CPU Temperatur juga naik tembus ke 93C, bahkan dengan bantuan kipas cuma bisa turun ampe 83 abis itu naik lagi..

Karena ga mau kejadian kayak sebelumnya, tiba-tiba mati karena temperature yang luar biasa, akhirnya ane nyari ni masalah,,

Pertama dengan system monitornya XFCE, ga ada yang aneh, yang makan memory paling tinggi cuma Chromium, Opera dan Firefox, dan beberapa aplikasi lain yang makan memorynya lumayan besar. Selain dari Chromium, browser tersebut ane kill, trus tunggu bentar masih ga ada perubahan..

Berikutnya ane coba pake htop, dan tentu saja hasilnya ga bakal jauh beda,, ditengah kondisi yang tak menentu tersebut, ane lihat type sort dari data yang ditampilkan ternyata sortingnya berdasarkan memory usage, iseng-iseng sekalian belajar commandnya htop ane coba sortir berdasarkan CPU usage, dan boom, yang diposisi atas ternyata ada sepasang gnuchess lagi ribut, dengan penuh keyakinan ane kill sepasang proses tersebut. Dan pas ane monitor temperatur CPU nya dengan cepat dia kembali turun, normal lagi ke 50,, hmmm ternyata ini dia..

Ok, keadaan kembali normal. Ternyata ada GUI lain yaitu glchess, dan ane install semua berjalan dengan sempurna...
Image from wikipedia

Hmm.. gnuchess almost kill my box.

NB: ternyata pas main catur ane adu komputer versus komputer pake 2 window mereka sepakat untuk draw,  kalo lawan ane kalah terus (anenya lho, bukan komputernya).

Tulis Komentar dengan akun Facebook Anda.

0 comments:

Post a Comment