at 12:00 AM

Touchpad Tap Button dengan Debian

Sewaktu install Debian squeeze, ternyata tap button1 (tombol klik kiri dengan menekan touchpad) tidak terdeteksi oleh Debian, ane sempat bingung karena tombol klik kiri pada touchpad telah rusak dan hampir ga bisa dipake lagi.
Awalnya ane menggunakan cara manual yaitu dengan mengetikkan perintah synclient TapButton1=1 tapi lama-lama bosan juga tiap login harus ketik perintah itu dulu.

Pas browsing diinternet nyari bantuan ane kemudian "tersesat" disini dan disini yaitu di situs wikinya Gentoo dan situs yang memuat informasi tentang Fedora, disitu ditawarkan(haha kaya jualan) beberapa alternatif untuk settingannya, mulai dari yang paling geek yaitu dengan setting langsung di-kernel ampe setting lewat xorg.

Awalnya ane tentu pilih yang paling mudah yaitu setting lewat xorg, tapi karena malas bikin file xorg.conf nya selain itu jika user lain yang login tentu mereka akan mengalami masalah yang sama juga, akhirnya ane coba setting lewat file /etc/X11/xorg.conf.d/00-enable-taps.conf tapi ane justru ga nemuin file tersebut, dari baca manual perintah synclient akhirnya ane tau kalo filenya ada di /usr/share/X11/50-synaptics.conf.

Setelah nemu filenya ane tambahin kode berikut (yang dibold), kemudian reload konfigurasinya lagi dan semuanya beres



Section "InputClass"
        Identifier "touchpad catchall"
        Driver "synaptics"
        MatchIsTouchpad "on"
        Option "TapButton1" "1"
EndSection

Tulis Komentar dengan akun Facebook Anda.

0 comments:

Post a Comment