at 8:07 PM

HTML: Mencegah teks otomatis pada input (autocomplete)

 Fitur yang biasanya ada pada form adalah autocomplete, yaitu teks yang otomatis menyesuaikan dengan yang kita input, fitur ini biasanya adalah fitur bawaan dari browser, meski kita juga bisa membuatnya dengan kode, baik javascript atau php. Penggunaannya yang paling sering kita lihat adalah pada halaman login.



Fitur ini sangat membantu apalagi jika sering login dan punya akun yang banyak pada beberapa situs. Saya sendiri menggunakan fitur ini pada komputer pribadi.
Namun hal ini bisa jadi bahaya kalo kita login dikomputer umum seperti komputer kantor atau warnet, karena email atau username akan mudah diketahui.

Kadang saya sendiri jika masuk ke sebuah warnet, mencoba untuk menekan semua karakter(a-z) untuk melihat email atau user yang pernah login pada browser.
Dari sisi coding autocomplete ini bisa dicegah dengan menambahkan atribut pada tag yang diinginkan, biasanya adalah pada tag input, yaitu menambahkan atribut autocomplete=off berikut contoh kodenya..
<input 
   type="text" 
   name="nama" 
   autocomplete="off" >
</>

Autocomplete pada textarea
Jika digunakan pada tag input atribut ini berfungsi dengan baik bagaiman jika digunakan pada textarea, hal ini tidak akan berfungsi.

Tulis Komentar dengan akun Facebook Anda.

1 comments:

Post a Comment